SELAMAT DATANG! SEMOGA PERSEMBAHAN KAMI DALAM BLOG INI BERMANFAAT! JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR PADA TULISAN KAMI! TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG!

Sunday, April 22, 2018

CARA MENGERJAKAN APLIKASI PMP DENGAN TEKNIK TUNNELING

Tahapan untuk bisa mengonlinekan aplikasi PMP, E-Rapor, dapodik, dkk agar bisa diakses secara online dari internet walaupun aplikasi tersebut diinstall di server lokal (laptop operator) adalah menggunakan teknik tunneling. Sebelum ke TKP (hehe), kayak penyidik aja, alangkah baiknya terlebih dahulu kita menentukan subdomain yang akan dipakai. Salah satu subdomain yang akan dipakai pada kesempatan kali ini adalah milik absis yaitu absis.id. Tampilan subdomain tadi kalau kita kombinasikan dengan domain nama sekolah kita lengkap dengan nama aplikasi pendataan, maka akan tampak seperti berikut


Lalu bagaimana langkah-langkah pembuatannya sahabat data? tenang! kita akan bahas sebagai berikut:
Pertama tentukan subdomain dulu untuk sekolah sahabat data, contoh SMP Negeri 4 Bangkala Barat, maka saya akan saya buat smpn4bangkalabarat, nanti akan dijadikan smpn4bangkalabarat.absis.id, yang nantinya akan bisa mengakses beberapa apps, misal pmp.smpn4bangkalabarat_jeneponto.absis.id 

Kedua Download dan Install Aplikasi ZeroTier di https://download.zerotier.com/dist/ZeroTier%20One.msi 



Lanjutkan Next Sampai Finish

Ketiga, Setelah proses instalasi Zero Tier One selesai, lanjutkan dengan membuka Aplikasi ZeroTier One


Keempat, klik kanan Icon Zero Tier di pojok kanan bawah tray windows, dan pilih Join 


  Kelima, masukkan Kode 12ac4a1e711fdab7 di dalam kotak lalu klik tombol Joi


Keenam, setelah itu klik kanan lagi pada Icon Zero Tier di bawah kanan, pilih Show Network


Ketujuh, catat/copy IP Address yang muncul, kebetulan ini adalah 10.243.35.124

Kedelapan, Setelah semua langkah di atas setelai dilakukan, tahap berikutnya adalah mendaftarkan Subdomain dan IP Address sahabat data di http://bit.ly/TunnelABSIS 




Kesembilan, setelah proses registrasi berhasil, lakukan login dengan menggunakan email dan password yang sahabat data pakai pada saat registrasi di atas 


Kesepuluh, setelah login akan tampil seperti di bawah ini



lalu klik menu " Tambah Sekolah", maka muncul isian seperti di bawah ini, silakan isi sesuai permintaan form lalu klik menu "submit" (Jangan lupa masukkan no Hp sahabat data apabila ingin mendapatkan notifikasi ketika jaringan siap digunakan)


Setelah disubmit akan muncul seperti di bawah ini, setelah itu klik menu edit


Maka akan muncul menu seperti di bawah ini

Lalu klik tambah layanan, maka akan muncul permintaan isian seperti di bawah ini


Silakan isi IP Address dengan IP address Zero Tier One sahabat data (lihat point ke 7) setelah itu pilih jenis layanan. Karena kita sedang membahas PMP, maka silakan pilih jenis layanan PMP (port 1745) maka secara otomatis kolom Port dan Subdomain akan terisi. lalu klik tombol "Submit"



Setelah disubmit, maka tampilanya seperti di bawah ini


Setelah semua proses di atas selesai, maka tinggal menunggu akun Anda aktif. Indikator bahwa akun Anda sudah bisa dipakai alias aktif adalah ketika subdomain (erapor.smpn4bangkalabarat_jeneponto.absis.id di atas tertulis "Online" berwarna hijau dan bisa diakses dari perangkat/laptop lain secara online.
Berdasarkan waktu normal durasi keaktifan akun 1x24 jam. Tapi berdasarkan pengalaman saya pribadi 30 menit setelah proses registrasi, sudah bisa aktif dan bisa dipakai/diakses dari perangkat dan laptop lain. 

Catatan
Jangan lupa masukkan no Hp Anda apabila ingin mendapatkan notifikasi ketika jaringan siap digunakan!

Selamat mencoba dan semoga tutorial yang sederhana ini bermanfaat!
Libatkan semua stakehorlder di sekolah sahabat data untuk berpartisipasi aktif dalam menciptakan data yang tepat dan akurat.

Salam satu data
Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh!


Comments
0 Comments

No comments:

KOTAK SARAN

Name

Email *

Message *