PENDAHULUAN
Dalam sistem bunyi bahasa Indonesia terdapat banyak cara pengucapan pada masing-masing individu yang disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti daerah asal, pengaruh-pengaruh awal, dan lingkungan sosial. Oleh karena itu, banyak ahli bahasa Indonesia yang mengemukakan deskripsi rinci tentang satu bentuk pelafalan bahasa Indonesia, yang setidaknya dapat dengan mudah dipahami oleh lingkungan pengguna bahasa Indonesia, walaupun tidak standar. Bentuk pelafalan tersebut diistilahkan sebagai “Received Pronunciation”, yang berarti ‘pelafalan yang dapat dipahami secara luas’.
Pada kenyataan yang sebenarnya, terdapat sejumlah alternatif pelafalan untuk ribuan kata dalam bahasa Indonesia, yang seluruhnya bisa disebut benar. Bagi yang bukan penutur bahasa Indonesia, cara pelafalan yang paling cocok untuk dipelajari dikenal sebagai “Slower Colloquial”, cara pelafalan di antara bentuk formal dengan pelafalan yang digunakan dalam perbincangan antar orang yang telah akrab. Cara tersebut merupakan cara yang dapat digunakan sepanjang waktu .
Pelafalan bahasa
Indonesia melibatkan produksi masing-masing bunyi dan pengucapan kata, frasa,
dan kalimat dengan ejaan, penekanan dan / atau intonasi yang benar. Selain itu,
terdapat cara bagaimana membaca kata dengan benar yang disebut ‘phonetic
transcription’ (transkrip fonetik), yang didefinisikan sebagai sejenis
penulisan alfabetik di mana tiap-tiap huruf mewakili satu bunyi. Tujuan
transkrip fonetik adalah untuk memberikan informasi yang jelas dan tidak ambigu
kepada pembelajar bahasa, misalnya bunyi yang mana yang harus digunakan pada
suatu kata atau frasa, dan dalam rangka apa mempergunakan bunyi tersebut. Nilai
suatu huruf sangat beragam dan tergantung pada (i) konteks fonetik, dan (ii)
bahasa atau dialek yang sedang ditulis
BAB II
PEMBAHASAN
I.
Unit Satu: Apa yang ter libat dalam pengajaran pengucapan?
(Sebagian
besar konten unit ini adalah khusus untuk bahasa Inggris, guru bahasa lain
dapat menemukan panduan umum lain berguna, tetapi harus mengacu pada buku-buku
tentang bahasa target mereka untuk informasi khusus tentang ucapan mereka.)
Konsep
`pengucapan bisa dikatakan untuk termasuk:
-
bunyi bahasa, atau fonologi
-
stres dan irama
-
intonasi.
Yang pertama ini mungkin
yang paling nyata dan jelas dari tiga. Namun, ini
tidak berarti bahwa aspek-aspek lain boleh diabaikan: pelajar mungkin
mengatakan bunyi dgn sempurna dan masih terdengar asing karena stres dan
intonasi yang tak berterima, dalam nada Oriental ` intonasi'bahasa sering
membuat perbedaan makna.
a. Bunyi
Hal ini berguna untuk dapat membuat daftar dan menentukan
bunyi, atau phonemes, suatu bahasa dengan menulisnya menggunakan representasi fonetik
`.buku buku berbeda untuk mencari yang tepat, dan berapa banyak, simbol yang
digunakan; untuk guru-guru (dari Inggris), alfabetfonemisbahasa Inggris,
disederhanakan yang ditampilkan dalam Kotak 4.1 dapat membantu. Menurut ini,
bunyi, misalnya, kalimat `Petrus, datang ke sini!" akan diwakili oleh /
pica kamHia /.
Ambil kamus yang berisi transkripsi fonetik, dan cek melalui
abjad fonetik, beberapa simbol yang mungkin berbeda dari yang diusulkan dalam
Kotak 4.1. Lihatlah beberapa kata dan representasi yang berhubungan fonetik:
pastikan Anda dapat mengikuti dan memahami transkripsi. Sekarang memilih
kata-kata sepuluh keluar secara acak dari sebuah buku, dan coba salin mereka ke
dalam script fonetik. Jika Anda telah menggunakan kamus alfabet fonetik Anda. cari
kata dalam kamus untuk memeriksa. Jika Anda telah menggunakan alfabet disarankan
di atas, kemudian bandingkan versi Anda dengan seorang rekan kerja.
1 Istilah `fonetik 'digunakan untuk merujuk kepada transkripsi bunyi
dari semua bahasa manusia yang membuat perbedaan antara bunyi yang mungkin
tidak dibedakan dalam diberikan sistem bahasa tertentu. `Ponemik 'digunakan
untuk merujuk kepada transkripsi sound system tertentu.
Perhatikan bahwa ini cukup sulit dilakukan pertama kali - itu
membutuhkan banyak praktek yang baik dan belajar untuk dapat menuliskan cepat
dan akurat.
b.
Irama Dan
Penekanan
Irama tuturan dalam bahasa Inggris ditandai oleh unitnada:
sebuah kata atau kelompok kata: yang membawa satu pusatpenekanansuku kata (suku
kata lain, jika ada, ringan). Kalimat: `Petrus, silahkandatang ke sini, ',
misalnya, akan dibagi menjadi dua unit nada-:` Petrus' dan `silahkandatang ke
sini, ', dengan dua tekananutama pada suku kata pertama' Petrus ', dan kata 'di sini'.
Stres
juga dapat ditunjukkan secara tertulis: mungkin cara paling sederhana untuk
melakukannya adalah untuk menulis menekankan suku kata dalam huruf besar: '!
Petrus, silakandatang DISINI, ' misalnya,. (Konvensi lain, yang biasanya
digunakan dalam transkripsi fonemis, yaitu memberikan garis vertikal pendek di
atas dan sebelum suku kata yang ditekankan: pi;ta kam hia.)
Dalam pasangan: satu peserta
menentukan kalimat yang pendek, kedua peserta menuliskannya, kapitalisasi
penekanan suku kata. Kemudian lagi, dengan mendikte peserta lainnya. "Dan
lagi, dua atau tiga kali. Bandingkan hasilAnda.
c.
Intonasi
Intonasi, naik dan jatuh dalam nada yang membuat irama
dari suatu ucapan, merupakan aspek penting dari pengucapan bahasa Inggris,
sering membuat perbedaan makna atau implikasi. Stres/penekanan, misalnya,
paling sering ditunjukkan bukan dengan volume meningkat tetapi dengan naiknya
intonasi (Brasil, Coulthard dan Johns, 1980). Seorang pembicara asli biasanya
memiliki sedikit kesulitan dalam pendengaran perubahan intonasi dalam bahasa
nya sendiri, orang lain, bagaimanapun, tidak mungkin menemukannya dengan begitu
mudah.
Berbagai jenis intonasi yang paling sederhana
ditunjukkan dengan simbol
atas suku kata yang relevan atau kata untuk menunjukkan intonasijatuh dan naik, dan simbol-simbol v ^ untuk menunjukkan jatuh-naik dan naik-turun. Sebuah stres yang tepat dan representasi intonasi untuk ekspresi yang agak bossy contoh kalimat kami sebelumnya mungkin: Peter, datang DISINI, silakan. Irama bahasa Inggris, kemudian, terutama fungsi pada pola stres tersebut; ini juga dapat mempengaruhi aspek seperti kecepatan pengiriman, volume dan penggunaan jeda.
atas suku kata yang relevan atau kata untuk menunjukkan intonasijatuh dan naik, dan simbol-simbol v ^ untuk menunjukkan jatuh-naik dan naik-turun. Sebuah stres yang tepat dan representasi intonasi untuk ekspresi yang agak bossy contoh kalimat kami sebelumnya mungkin: Peter, datang DISINI, silakan. Irama bahasa Inggris, kemudian, terutama fungsi pada pola stres tersebut; ini juga dapat mempengaruhi aspek seperti kecepatan pengiriman, volume dan penggunaan jeda.
1. Mengecek pemahaman
Dengarkan rekaman singkat - berlangsung tidak lebih
dari satu menit atau lebih - dari seorang pembicara dari bahasa Anda ajar (dari
Kaset mendengar kanpemahaman, misalnya). Tuliskan kalimat dari rekaman, menggunakan
ejaan konvensional, dan masukkan ke dalam indikasi intonasinaik dan turun dan
stres. Jika Anda bekerja dalam kelompok, bandingkan hasil dengan satu sama
lain.
2. Arus Ujaran
Penting juga untuk menyadari
cara bunyi, tekanan dan intonasi yang berbeda dapat mempengaruhi satu sama lain
dalam aliran ujaran. Sebagai contoh:
-
Cara bunyi tersebut
diartikulasikan dipengaruhi oleh bunyi apa yang sebelahnya: akhiran ed lampau
dalam bahasa Inggris, misalnya, dapat diucapkan / d /, / t / atau / td / tergantung
pada bunyi apasebelumnya.
-
Intonasi mempengaruhi
bagaimana kita mendengar penekanan. Bahkan, stres tidak, seperti yang
disebutkan di atas, biasanya dinyatakan dengan mengucapkan suku kata lebih
keras: ini lebih sering merupakan masalah menaikkan atau menurunkan tingkat
nada, dengan sedikit memperlambat.
-
Perubahan pada pola stres
dari sebuah kata akan berubah suara nya juga: katasubjek, misalnya, memiliki tekanan pada suku kata pertama ketika
itu adalah kata benda, di kedua bila kata kerja: dan ini membuat terlihat
perbedaan dengan bunyi vokal: / 'snbd3tkt /, dibandingkan dengan / sab'd3ekt
Dengan demikian, hal ini berguna untuk menyadari cara
bunyi, tekanan dan intonasi berinteraksi dalam seluruh ucapan-ucapan untuk
menghasilkan pengucapan yang mudah dipahami. Setelah mengatakan ini,
bagaimanapun, memang benar bahwa banyak, mungkin sebagian besar, kata-kata
memiliki bunyi`stabil ', stres dan pola intonasi yang dapat diajarkan terpisah.
3.
Pertanyaan
Dapatkah
anda memikirkan contoh-contoh dalam bahasa lain yang Anda kenal bunyinya yang
mempengaruhi satu sama lain dalam aliran berbicara, atau stres dan intonasi
benar-benar mengubah cara bunyi diartikulasikan?
II. Unit Dua: Mendengarkan aksen?
Tujuan
dari latihan ini adalah untuk mengetahui masalah pengucapan khusus dari peserta
didik dengan benar-benar mendengarkan contoh dan harus menganalisis dan
mendefinisikannya, dan berpikir tentang bagaimana masalah ini bisa dijelaskan
kepada peserta didik dan dikoreksi.
a. Penyelidikan
Mengidentifikasi
unsur-unsur pengucapan asing
Tahap
1: Menyiapkan bahan
Menggunakan kaset audio, rpersiapkanekaman, durasi dua sampai
tiga menit, aksen asing, ini bisa dilakukan secara individu atau berpasangan
atau kelompok. Rekaman harus terdiri dari wawancara pendek dengan speaker yang
tidak terlalu mahir dalam bahasa target. Di negara dimana bahasa target tidak
jadi bahasa lokal, boleh menggunakan narasumber asli negara ini, tapi aksen
lainnya dapat digunakan sebagai tambahan.
Hal ini, tentu saja, jauh lebih mudah hanya untuk meminta
orang untuk membaca dengan keras untuk membuat rekaman, tetapi menolak godaan!
Ada berbagai alasan untuk hal ini:
membaca
dengan suara keras seseorang memiliki waktu untuk berpikir secara sadar tentang
bagaimana mereka berbicara, dan kami sedang mencari `pengucapan intuitif '; membaca
wacana mungkin termasuk kata-kata yang diwawancarai tidak tahu, dan persepsi
ejaan mempengaruhi pengucapan. Improvisasi ujaran menghasilkan sampel yang jauh
lebih baik, yang kemudian mungkin, kebetulan, digunakan untuk memeriksa
kesalahan leksikal dan gramatikal. Jika Anda menemukan kesulitan untuk
memikirkan pertanyaan untuk wawancara, intenlievJee bisa diminta untuk
menjelaskan gambar, atau menceritakan kembali cerita yang terkenal.
Jika Anda belum pernah membuat rekaman seperti itu, buat
rekaman singkat beberapa detik dan putar kembali untuk memeriksa bahwa Anda memiliki
jarak, volume, mikrofon dan sebagainya diatur dengan benar. Mulailah wawancara
yang sebenarnya hanya jika Anda yakin Anda memperoleh rekaman yang jelas.
Tahap
2: Analisis
Dengarkan
rekaman dan mencoba menganalisis apa yang tentang aksen yang membuat mereka
'asing'. Hal ini cukup sulit, Anda akan merasa bahwa Anda perlu mendengarkan
rekaman lebih dari sekali. Hal ini lebih mudah jika Anda mencatat kata dan
frase yang umumnya asing saat mendengarkan pertama kali, dan kemudian selama
listenings kemudian mencoba untuk mendefinisikan apa tepatnya yang salah dengan
mereka. Jika Anda tahu alfabet fonetik dan simbol intonasi dan stres, ini dapat
membantu, namun gambaran kasar dari apa yang salah dalam tatanan bahasa bisa
sangat memadai. Anda mungkin merasa perlu untuk menggunakan lembar kerja yang
ditunjukkan pada Kotak 4.2.
Tahap
3: Pooling dan membandingkan
Jika
beberapa rekaman tersebut telah dibuat oleh sekelompok guru belajar
bersama-sama, maka tahap selanjutnya adalah berbagi hasil. Dalam kelompok kecil,
setiap rekaman didengarkan, dan peserta mencoba untuk mengidentifikasi
kesalahan dan bagaimana dan mengapa mereka ini terjadi.
Kotak 4.2. lembar kerja;
merekan lafal yang asing
Bahasa asli penutur.....................
|
|
Kata /phrase yang salah ucap
|
Gambarkan kesalahan
|
Tahap 4: Menarik kesimpulan
Diskusikan
temuan Anda, dan tarik kesimpulan. Pertanyaan yang berguna untuk diselidiki di
sini adalah berikut ini (beberapa kemungkinan jawaban tentang bahasa Inggris
muncul dalam Catatan).
1.
(Jika hanya satu jenis aksen
dicatat) Apa yang tampaknya merupakan kesalahan paling umum?
2.
(Jika ada aksen yang berbeda) Apakah ada yang
lafal terdengar asing
yang umum bagi sebagian besar atau semua speaker, dan dapatkah
Anda membuat beberapa generalisasi tentang jenis-jenis kesalahan itu?
yang umum bagi sebagian besar atau semua speaker, dan dapatkah
Anda membuat beberapa generalisasi tentang jenis-jenis kesalahan itu?
3.
Kesalahan yang manakah menurut Anda yang
paling penting untuk diperbaiki?
4.
Apakah ada yang Anda tidak
perlu perbaiki? Mengapa tidak?
5.
Sehubungan dengan kesalahan
yang Anda ingin perbaiki: bagaimana anda menjelaskan ini pada pelajar?
6.
Apa ide-ide lebih lanjut yang Anda miliki
untuk membuat peserta didik meningkatkan pengucapan mereka pada item yang telah
temukan? (Beberapa saran dapat ditemukan dalam Kotak 4.3 di bawah ini.)
III. Unit Tiga: Meningkatkan
pelafalan pebelajar
Tujuan
Perlu
dikatakan di awal bahwa tujuan peningkatan pengucapan bukan untuk mencapai aksen
asli yang sempurna, tetapi hanya untuk membuat pelajar untuk mengucapkan dengan
akurat dan cukup mudah dan nyaman dipahami orang lain (kompeten). aksen
'Sempurna itu sulit jika tidak mustahil bagi sebagian besar dari kita capai
dalam bahasa asing, dan bahkan mungkin tidak diinginkan. Banyak orang - bahkan
secara tidak sadar - merasa bahwa mereka ingin mempertahankan aksen bahasa ibu
sedikit sebagai penegasan identitas pribadi atau etnis. Perasaan ini harus,
pasti, dihormati.
Penyelidikan/inquiry
Tanyakan pada sekelompok
peserta didik apakah mereka ingin mencapai ` 'aksen asli sempurna atau tidak. jika
mereka mengatakan tidak, cari-tahu apakah ini hanya karena mereka pikir itu
tidak mungkin, atau karena mereka benar-benar tidak melihat hal itu sebagai
tujuan yang diinginkan.
Mengapa pelajar membuat
kesalahan pengucapan? 'kesalahan pengucapan Pebelajar berasal dari berbagai
sumber.
1.
suara tertentu mungkin tidak
ada dalam bahasa ibu, sehingga pelajar tidak terbiasa menggunakan dan
cenderung mengganti dengan bunyi yang
setara terdekat yang dia ketahui (penggantian / d / atau /z/ untuk Inggris th /
d /
adalah contoh yang khas).
2.
Sebuah bunyi memang ada
dalam bahasa ibu, namun bukan sebagai fonem yang terpisah: bisa dikatakan,
pelajar tidak merasa sebagai bunyi yang berbeda yang membuat perbedaan makna. Dalam bahasa Ibrani, misalnya, baik
bunyi /i / dan / i: / (kapal / domba) terjadi,
tetapi yang digunakan hanya bergantung pada kata atau frase, bukan apa arti
katanya , dan jika ada yang diganti untuk yang lain, tidak ada perbedaan dalam
arti. Ini `yang disebut variasi allophonic, dari fonem, atau` allophones..
Hasilnya adalah bahwa pembelajar berbahasa Ibrani tidak secara alami menyadari
perbedaan dalam bahasa Inggris, dan mungkin bahkan tidak mendengarnya.
(Pada keseluruhan, masalah kedua dari keduanya adalah lebih
sulit. Sebuah bunyi yang sama sekali baru sering mudah dianggap sebagai asing.
dan sekali Anda dapat mendengar bunyi itu Anda baik di jalan anda bisa
mengucapkannya... Tetapi jika Anda tidak dapat mendengar itu maka anda tidak
bisa bahkan untuk mencoba mengucapkannya, dan masalah persepsi perlu diatasi
sebelum kemajuan dapat dibuat.)
Pertanyaan
Pertimbangkan
beberapa pelajar bahasa asing dengan siapa Anda kenal - sebaiknya siswa Anda
sendiri - yang bahasa ibunya Anda juga tahu. Dapatkah Anda mengidentifikasi
contoh kesalahan dalam pembentukan bunyi dan mengapa mereka melakukannya
(misalnya, bunyi itu tidak ada dalam bahasa
mereka sendiri, atau ada hanya sebagai sebuah alofon)?
3.
Peserta didik memiliki bunyi
yang sebenarnya benar, tetapi belum belajar stress bahasa ibu mereka yang tidak
sesuai dengan bahasa target. Hasilnya adalah aksen asing yang terdengar, dan
mungkin kesalahpahaman.
Pertanyaan
Dengarkan beberapa pelajar
yang belum begitu maju bahasa asingnya -? Atau jika Anda melakukan unit
sebelumnya, dengarkan lagi rekamannya. Dapatkah Anda mengidentifikasi tiga atau
empat contoh dari stres yang tidak tepat atau intonasi?
Membuat pelajar memahami/mengerti
Hal
pertama yang perlu dilakukan adalah untuk memeriksa bahwa pembelajar dapat
mendengar dan mengenali suara Anda ingin ajarkan. Hal yang sama berlaku untuk
intonasi, irama dan stres: bisakah pelajar mendengar perbedaan antara bagaimana
seorang pembicara kompeten, atau penutur asli, mengatakan sebuah kata, frase
atau kalimat dan bagaimana pelajar asing mengatakan itu? Hal ini dapat
dilakukan dengan meminta imitasi; atau melihat apakah peserta didik dapat
membedakan antara pasangan minimal (seperti kapal / domba, pria / laki-laki,
tebal / tick, lihat Gimson, 1978), atau dengan membandingkan ucapan yang berterima
dengan yang tidak berterima melalui rekaman atau demonstrasi langsung.
Perhatikan bahwa Anda dapat memeriksa persepsi bunyi dengan menggunakan satu kata atau bahkan suku kata, tetapi bekerja pada stres dan intonasi yang hampir selalu perlu didasarkan pada unit yang lebih panjang.
Pertanyaan
Pilih
kesalahan yang tampaknya bagi Anda umum dan sulit dihindari. Bagaimana Anda
menguji peserta didik untuk mencari tahu apakah mereka benar-benar merasakan
perbedaan antara versi mereka dan yang benar?
Mengatakan pada pelajar apa yang harus dilakukan
Tahap
berikutnya untuk beberapa pelajar mungkin semacam nasihat eksplisit: ini adalah
apa yang seharusnya, ini adalah apa yang Anda lakukan salah. Untuk pembentukan
bunyi, sebenarnya menggunakan sketsa dari mulut dapat membantu (lihat Kotak
4.3), dan untuk menggambarkan pengucapan bunyi dalam hal bibir, lidah, gigi,
dll. Tapi untuk aspek-aspek lain dari
pengucapan penjelasan singkat cukup, diikuti dengan demonstrasi dan permintaan
untuk meniru dan praktek.
KOTAK 4.3: bagian bagian
MULUT
Pertanyaan
Sekali
lagi, pilih kesalahan khas pembelajar yang Anda sudah kenal. Bagaimana Anda
menjelaskan kepada peserta didik bahwa apa yang dia lakukan salah dan cara
membuatnya benar?
KOTAK 4.4: IDE UNTUK
MENINGKATKAN PENGUCAPAN PEBELAJAR '
Tiruan dari guru atau rekaman model bunyi, kata dan kalimat merekam ujaran pelajar, kontras dengan model
asli penjelasan dan instruksi
yang sistematis termasuk rincian dari struktur dan pergerakan bagian mulut)
latihan tiruan: pengulangan bunyi, kata dan kalimat
pengulangan dari latihan paduan suara pengulangan latihan bervariasi (variasi
kecepatan, volume, suasana hati) belajar dan melakukan dialog (seperti dengan
latihan, menggunakan kerja paduan suara, dan beragam kecepatan, volume, suasana
hati) menghafal kalimat, sajak, jingle jazz chant (lihat Graham, 197 3)
latihan lidah
koreksi diri melalui mendengarkan rekaman pidato sendiri O Cambridge
University Press 7995
Mempraktekkan pengucapan
yang benar
Akhirnya - ketika kita puas bahwa titik pengucapan telah memuaskan
dirasakan dan pelajar dapat, jika mereka peduli, menghasilkan versi berterima -
kita sampai ke tahap praktek: mengkonsolidasikan dan menetapkan kebiasaan
pengucapan berterima melalui latihan yang menyediakan pengulangan dan
penguatan.
Tugas Follow Up
Desain beberapa kegiatan Anda sendiri dalam bahasa target Anda bahwa
Anda merasa mungkin memberi solusi yang bermanfaat, mungkin menggunakan
beberapa ide yang ditunjukkan pada Kotak 4.4 sebagai dasar. Jika Anda menemukan
kesulitan untuk memikirkan ide-ide sendiri, Anda mungkin menemukan beberapa
saran praktis dalam buku-buku yang tercantum di bawah Bacaan lebih lanjut.
Kumpul ide dengan rekan kerja; bersama-sama Anda harus dapat mengumpulkan
sebuah 'baterai' manfaat kegiatan. Jika Anda punya waktu, cobalah beberapa dari
mereka dengan siswa.
IV. Unit Empat: topik untuk
pembahasan lebih lanjut
Unit ini melihat beberapa masalah kontroversial berhubungan dengan
pengajaran pengucapan dan mengundang Anda dalam tugas-tugas untuk memeriksa dan
menyatakan posisi Anda sendiri pada mereka. pendapat saya sendiri mengikuti tugas.
Tugas
Kelompok diskusi
Lihatlah pertanyaan yang disarankan dalam Kotak 4.5, dan
mendiskusikannya dengan rekan-rekan. Tujuannya harus sampai pada kesepakatan
umum tentang jawaban yang dapat diterima, meskipun ini tidak selalu
memungkinkan. Dalam setiap kasus, adalah penting untuk
menjelaskan dengan tepat apa masalahnya, dan, jika ada perselisihan, untuk
memahami argumen dari semua pihak.
KOTAK 4.5: PERTANYAAN UNTUK DISKUSI TENTANG PENGAJARAN
PENGUCAPAN
- Apakah pengucapan
perlu sengaja diajarkan? Tidakkah itu hanya
akan diikutkan? Jika tidak perlu sengaja diajarkan, maka hal ini harus
dalam bentuk latihan pengucapan tertentu, atau secar rileks, dalam rangka
kegiatan oral lainnya?
- Apa aksen bahasa
target harus menjadi sebuah model? (Untuk
bahasa Inggris, misalnya, sebaiknya Anda menggunakan British? American??
Lainnya? Aksen lokal?) Apakah diperbolehkan untuk menyajikan aksen
campuran (misalnya seorang guru yang memiliki yaitu 'mid-Atlantik' aksen; campuran Inggris dan Amerika)?
- Dapatkah Jika guru non-pribumi berfungsi
sebagai model untuk pengucapan bahasa target?
- perbedaan Apa yang muncul dalam belajar
pengucapan terkait usia pelajar?
- Seberapa
penting itu untuk mengajar intonasi, irama dan stres?
Sebelum
mulai bekerja pada pertanyaan, tentukan:
-
Apakah ada yang Anda ingin hilangkan?
-
Apakah ada yang lain yang
ingin Anda tambahkan? - Apakah Anda ingin mengganti urutannya?
Tentukan dan mungkin catat jawaban Anda sebelum melihat jawaban saya sendiri
seperti yang diungkapkan di bawah ini.
Beberapa kemungkinan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan pada Kotak 4.5
- Pengalaman banyak pembelajar adalah pengucapan bisa, dan
sering, cukup diperoleh oleh imitasi intuitif. Banyak guru tidak pernah
mengajar pronunciation, dan ujaran siswa mereka 'itu tampaknya tetap cukup
memuaskan. Namun, ada bukti juga bahwa koreksi sengaja dan pelatihan meningkatkan
pengucapan dan jika hal ini sehingga betul, keliru untuk mengabaikannya. Mungkin
pengajaran pengucapan terencana kurang penting daripada, katakanlah,
pengajaran tata bahasa atau kosakata, tetapi ini tidak berarti tidak harus
dilakukan sama sekali. Saya akan merekomendasikan sesi pendek sesekali
mengarahkan perhatian peserta didik dan memberikan praktek dalamaspek
pengucapan yang jelas bermasalah bagi mereka, serta koreksi ringan dalam
rangka kegiatan lain.
- Secara umum, itu tidak masalah, asalkan model yang
dipilih adalah aksen standar yang mudah dipahami oleh penutur bahasa
lainnya. Di bagian dunia dimana peserta didik lebih cenderung harus
berurusan dengan satu aksen tertentu masuk akal untuk menggunakannya,
sehingga untuk pengajaran bahasa Inggris di Eropa dengan aksen Inggris
mungkin lebih disukai, di Jepang Amerika. Namun bahkan pembedaan ini
menjadi kurang penting seiring waktu. Dalam hal apapun, bahkan dengan
asumsi bahwa Anda mengajar satu `variasi standar sebagai model, adalah ide
yang baik untuk memberikan pelajar beberapa paparan kepada orang lain,
melalui penggunaan rekaman atau penutur langsung , dalam rangka
meningkatkan kesadaran aksen lainnya - dan,-kursus, untuk mendengarkan
latihan.
- Pertanyaan ini bisa dikatakan akademis: dalam banyak
situasi guru non-pribumi harus jadi model apakah dia suka atau tidak!
Namun, saya akan mengatakan bahwa dalam hal apapun seperti seorang guru
adalah model sangat cukup, asalkan dia, tentu saja, seorang pembicara kompeten
bahasa -, satu harapan seorang guru pula! Sebuah bahasa target diucapkan
dengan aksen asing sedikit dapat berfungsi sebagai model dari mana peserta
didik dapat memperoleh lafal yang benar benar bisa diterima. Dalam kasus
apapun, diharapkan bagi peserta didik untuk mengenal sejumlah aksen berterima
asli dan lainnya melalui penggunaan rekaman, dan ini benar apapun bahasa
ibu dari gurunya.
- Anak-anak tampaknya mengambil aksen sangat cepat, dan
kemampuan untuk melakukannya tampaknya berkurang sejalan dengan umur,
meskipun ini mungkin karena alasan psikologis (kebutuhan untuk
mempertahankan identitas seseorang seperti yang diungkapkan dalam salah
satu cara berbicara) daripada capabilitas fisik atau fisiologis} •. Namun, kemampuan ini kurang dikompensasikan
sampai batas tertentu oleh kemampuan orang dewasa meningkat untuk memahami
penjelasan yang sulit, disiplin diri dan instruksi . Satu kesimpulan
mungkin bahwa pelatihan pengucapan secara sadar mungkin akan lebih
membantu kelas dengan peserta didik yang lebih tua.
- Intonasi ` dalam nada bahasa Oriental 'harus diajarkan
karena langsung mempengaruhi arti dari kata-kata. Dalam bahasa lain dapat
mempengaruhi implikasi yang disampaikan dalam pidato, tapi sangat sulit
untuk mengajarkannya karena berbagai variasi dan kehalusan pola. mungkin.
Guru dapat, saya pikir, lakukan sedikit lebih dalam praktek dari perhatian
peserta didik terhadap keberadaan pola-pola ini, mengajarkan yang umum
sangat sedikit, dan kemudian mengandalkan eksposur dan pengalaman untuk
menyediakan dasar untuk belajar lebih lanjut (tapi lihat Brazil, Coulthard
dan Johns, 1980). Kita bisa, sampai batas tertentu, mengajarkan pola stres
dan irama ketika mengajar kosakata dan tata bahasa; diluar ini, apa yang
telah dikatakan di atas tentang intonasi berlaku di sini juga.
V. Unit Lima: Pengucapan dan
ejaan
Dalam kenabyakan bahasa ada korespondensi cukup jelas
antara suara dan simbol: huruf tertentu atau kombinasi huruf yang diucapkan
dengan cara tertentu, dan jika ada variasi, ini diatur oleh peraturan yang
konsisten: ketika, misalnya huruf c dalam bahasa Inggris yang diucapkan / k /
atau / s /; ketika huruf lam definite
article dalam bahasa Arab tidak diucapkan. Ada, tentu saja, bahasa di mana
terdapat banyak pengecualian aturan seperti itu, banyak kata yang pengucapan
tidak bisa diprediksi secara logis dari ejaan mereka, dan sebaliknya, Inggris
sebagai contoh.
Alfabet '
Korespondensi simbol bunyi dasar yang dipelajari pada tahap belajar alfabet. Jika alfabet adalah salah satu yang benar-benar baru, maka ada banyak yang dipelajari, tetapi
Korespondensi simbol bunyi dasar yang dipelajari pada tahap belajar alfabet. Jika alfabet adalah salah satu yang benar-benar baru, maka ada banyak yang dipelajari, tetapi
Saya menggunakan alfabet
istilah di sini agak longgar untuk memasukkan simbol-simbol tertulis bahasa
seperti bahasa China, yang tidak membahas berbicara secara tegas, tetapi
ideogram.
jelas bahwa setiap simbol baru perlu diajarkan dengan pengucapannya.
Namun, jika pelajar sebenarnya menggunakan alfabet yang kurang lebih sama
tetapi huruf mewakili bunyi yang sedikit
atau sangat berbeda (seperti dalam kasus pembelajar bahasa Inggris berbahasa
Spanyol, misalnya) Anda mungkin memiliki masalah lebih halus.
(Kedua pertanyaan di bawah ini berlaku hanya jika semua siswa Anda
memiliki bahasa ibu yang sama.) Baik:
- Jika bahasa target Anda menggunakan alfabet yang
sama sebagai bahasa ibu siswa Anda, yang huruf yang akan diucapkan sangat berbeda dari
versi asli mereka? Yang akan diucapkan hanya sedikit berbeda? Apakah ada
yang persis sama? Atau:
- Jika bahasa target Anda menggunakan alfabet yang
berbeda, dapat Anda membaginya menjadi huruf yang memiliki simbol dekat paralel dalam
bahasa ibu pembelajar '(misalnya, delta Yunani dan bahasa Inggris d) dan
mereka yang tidak?
Aturan korespondensi
pengucapan-ejaan
Setelah peserta didik telah menguasai korespondensi simbol
bunyi dasar mereka mungkin dalam beberapa bahasa akan segera mampu membaca
sandi, kemudian ucapkan dengan benar anti teks tertulis - atau, sebaliknya, menuliskan
lisan saja. Di sisi lain, mungkin tidak begitu sederhana. Mereka mungkin membutuhkan seluruh rangkaian aturan simbol bunyi
tambahan: misalnya, tion pada akhir
sebuah kata dalam bahasa Inggris biasanya diucapkan / sen /, atau bahwa huruf s
di Jerman diucapkan / f / ketika terjadi sebelum / t / atau / p /. sebagian yang lebih umum dan mendesak untuk kesuksesan
membaca dan menulis - Anda akan perlu untuk mengajar secara sadar dan lebih awal,
yang lain peserta didik dapat mengambil `dengan cara lain, 'nanti.
Kata atau set kata dengan pengucapan atau ejaan yang
tidak biasa Anda mungkin perlu mengajar dan berlatih sendiri - beberapa ide
mengikuti pada akhir unit.
Pertanyaan
~ Dapatkah Anda menyarankan empat atau lima aturan tentang kombinasi huruf dan ucapan mereka dalam bahasa yang Anda ajarkan bahwa Anda pikir akan penting bagi peserta didik untuk menguasai pada tahap awal belajar untuk berbicara dan membaca?
~ Dapatkah Anda menyarankan empat atau lima aturan tentang kombinasi huruf dan ucapan mereka dalam bahasa yang Anda ajarkan bahwa Anda pikir akan penting bagi peserta didik untuk menguasai pada tahap awal belajar untuk berbicara dan membaca?
Kegiatan Pengucapan dan
Ejaan
Beberapa ide bahwa praktek korespondensi pengucapan-ejaan dapat
ditemukan dalam buku pengucapan, seperti yang tercantum dalam membaca lebih
lanjut; buku tentang ejaan biasanya hanya memberikan aturan, daftar kata dan
kemudian menyarankan berlatih melalui tes dikte dan ejaan. Dikte tentu saja
satu teknik yang sangat bagus (lihat Davis dan Rinvolucri, 1988, untuk beberapa
variasi imajinatif), dan tes ejaan dapat membantu, tetapi ada kemungkinan lebih
banyak. Sejumlah ide tercantum dalam Kotak 4.6; dicatat bahwa beberapa mungkin
tidak sesuai jika siswa Anda tidak memiliki bahasa ibu yang umum.
Kegiatan Perencanaan dan penggunaan
Pilih tiga kegiatan untuk mengajar, meningkatkan kesadaran or berlatih korespondensi
pengucapan-ejaan dalam bahasa target: "ini bisa dari Box 4,6, atau dari
sumber lain, atau ide asli Anda sendiri. Rencanakan aktual teks (kata-kata,
kalimat, bagian-bagian) yang mungkin Anda gunakan dalam kegiatan ini. Jika
memungkinkan, coba gunakan mereka dengan pelajar dalam pelajaran satu-per-satu.
KOTAK 4.6: KORESPONDENSI Pengucapan-ejaan:
BEBERAPA IDEA PENGAJARAN
Dikte: dari daftar kata-kata acak dari kata yang memiliki masalah ejaan
yang sama, dari kalimat lengkap, setengah-kalimat untuk diselesaikan.
Membaca dengan suara keras:
suku kata, kata-kata, frase, kalimat.
Diskriminasi (1): menyiapkan set 'pasangan minimal' - pasang kata yang
berbeda satu sama lain dalam satu kombinasi bunyi-huruf (seperti dip-deep di
dalam bahasa Inggris). minta peserta didik untuk membacanya dengan keras,
memperhatiakn perbedaan, atau membacanya dengan suara keras diri sendiri, dan
meminta siswa untuk menuliskannya. Diskriminasi (2): sediakan daftar kata yang
sama ejaannya dalam bahasa ibu pembelajar 'dan dalam bahasa target: siswa membaca
dengan keras, atau tanya mereka, dan mendiskusikan perbedaan dalam pengucapan
(dan makna!).
Prediksi (1): sediakan satu set kombinasi huruf, yang merupakan bagian
dari kata yang pembelajar tahu. Bagaimana peserta didik akan mengucapkannya? Kemudian
mengungkapkan kata lengkap. -
Prediksi (2): dikte satu set kata-kata dalam bahasa target yang pelajar belum tahu,
tapi yang ejaannya sesuai dengan aturan. Dapatkah mereka mengejanya? (Kemudian mengungkapkan makna.)
Catatan
Pengucapan kesalahan dan koreksinya
Beberapa kesalahan umum pengucapan pada banyak pembicara bahasa
inggris sebagai bahasa asing adalah:
·
Kesulitan dalam mengucapkan
suara th / 0 / dan / 6 /;
·
Kesulitan dalam mengucapkan
'vokal `netral schwa (suku kata pertama dari awa misalnya);
·
Kecenderungan untuk
memberikan tekanan seragam untuk suku kata yang harus ringan atau berat.
·
kecenderungan untuk
mempersingkat diftong dan membuat mereka menjadi monothongs: misalnya bunyi
/ei/ pada way cenderung diucapkan
lebih seperti Perancis
Anda mungkin menemukan lebih banyak, atau yang lain, yang dihasilkan oleh peserta didik Anda. kesalahanyang paling penting diperbaiki adalah mereka yang dengan mudah dapat mengakibatkan kurangnya pemahaman, atau yang membuat ujaran `nyaman 'untuk mendengarkan, dengan prinsip yang sama, kesalahan tidak menghasilkan masalah pemahaman tetapi hanya membuat ujaran sedikit asing yang terdengar mungkin tidak perlu dikoreksi.
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN.
Pelafalan bahasa Indonesia
melibatkan produksi masing-masing bunyi dan pengucapan kata, frasa, dan kalimat
dengan ejaan, penekanan dan / atau intonasi yang benar. Selain itu, terdapat
cara bagaimana membaca kata dengan benar yang disebut ‘phonetic transcription’
(transkrip fonetik), yang didefinisikan sebagai sejenis penulisan alfabetik di
mana tiap-tiap huruf mewakili satu bunyi. Tujuan transkrip fonetik adalah untuk
memberikan informasi yang jelas dan tidak ambigu kepada pembelajar bahasa,
misalnya bunyi yang mana yang harus digunakan pada suatu kata atau frasa, dan
dalam rangka apa mempergunakan bunyi tersebut. Nilai suatu huruf sangat beragam
dan tergantung pada (i) konteks fonetik, dan (ii) bahasa atau dialek yang
sedang ditulis
DAFTAR PUSTAKA
Ur, Penny .1996. A Course in Language Tecahing (Practice and Theory). Cambridge
University Press.